Kamis, 19 Januari 2017

Mendoakan Sesama Muslim



A : Hey, gimana ujiannya, lancar?
B : Belum nih, insyaAlloh besok lusa jadinya. Tolong doain ya..
A : Sip dah..tenang.

Percakapan di atas hanyalah ilustrasi, gambaran akan kehidupan kita sehari-hari.
Saya yakin, di antara teman-teman ada yang mengalami seperti itu. “tolong doain ya” kalimat itu sudah tidak asing lagi. Bukan hanya penerima, tetapi juga kadang kita mengucapkan hal itu. Tetapi pertanyaannya, apakah setelah dijawab “iya” hal itu benar-benar dilakukan? Apakah setelah kita mengiyakan jawaban, menjawab janji saudara kita untuk mendoakannya apakah hal itu benar-benar kita laksanakan?

Hanya Allah yang tau. Tetapi izinkan saya bercerita yang mudah-mudahan tidak pernah saya ulangi lagi. Ya, sama halnya dengan teman-teman, saya pun juga pernah mengiyakan janji untuk mendoakan teman atau kerabat saya. Akan tetapi kadang hal itu hanya di mulut saja,tidak terselip di dalam barisan doa yang saya panjatkan. Setelah kejadiannya selesai, barulah teringat. Padahal, ketika kita mengiyakan itu ya seharusnya benar-benar kita doakan. Kita sebut namanya dan permintaannya dalam doa yang kita panjatkan sehabis salat atau dalam keadaan yang lain.  Jadi jangan dianggap itu sekedar basa-basi. Kalau memang “iya” ya benar-benar doakan. Tidak kah kita tau ganjarannya orang yang mendoakan saudaranya sesama muslim?



Image result for mendoakan sesama muslim
sumber : https://www.flickr.com/photos/koleksi_as-sunnah/8481607972


Oiya.... Yang meminta didoakan pun juga harus berdoa ya untuk kemudahan urusannya. Tentunya dibarengi dengan ikhtiar dan taqwa kepada-Nya.

Gimana?semoga setelah ini kita tbenar-benar mendoakan saudara kita ya. hem..sebagai tambaha dan penutup, jangan hanya berdoa ketika diminta, tapi berdoalah juga dengan tulus ikhlas untuk mereka-mereka yang mengalami kesulitan. Apalagi saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan, misalnya seperti yang kita lihat di pemberitaan. Yaa..semoga kita sesama muslim, istiqomah untuk dapat saling mendoakan . aamiin :)

0 komentar:

Posting Komentar