Selasa, 15 Maret 2016

Tashrif Fi’il Madhy dan Mudhari’ Tsulatsy Mujarrad



Seperti dijelaskan pada pelajaran sebelumnya, fi’il yang masuk dalam kelompok tsulatsy mujarrad adalah kelompok kata yang tersusun dari 3 huruf. Contoh : جَلَسَ dan كَتَبَ
Tsulatsy mujarrad terdiri dari 6 bab. Di setiap bab terdapat rumus yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Seluruh fi’il yang tersusun dari 3 huruf pasti akan mengikuti salah satu dari wazan atau bab ini. Sebelum mempelajari itu kita harus mengetahui terlebih dahulu wazan fi’il madhy dan fi’il mudhari’. Hal ini dikarenakan rumus tiap bab itu tergantung dari wazan kedua fi’il ini.


1.    Fi’il Madhy
Fi’il madhy terdiri dari 3 wazan yang mana dari wazan itu dapat terbentuk rumus tashrif tiap babnya. Adapun wazan dari fi’il madhy adalah
فَعَلَ = نَظَرَ, نَصَرَ,
 فَعِلَ = سَمِعَ, فَحِمَ
 فَعُلَ = كَرُمَ, صَلُحَ
Dari 3 wazan tersebut dapat kita lihat bahwa yang berubah hanya ‘ain fi’ilnya. Adapun huruf fa dan lam-nya tetap fathah. Maksud kata di sebelah kiri tanda “sama dengan” (=) itu adalah contoh kata yang termasuk dalam wazan fa’ala, fa’ilu dan fa’ula.

2.    Fi’il Mudhari’
Fi’il mudhari’ terdiri dari 3 wazan sama halnya seperti fi’il madhy. Adapun wazannya adalah sebagai berikut  (yaf’alu, yaf’ilu dan yaf’ulu) :
يَفْعَلُ
يَفْعِلُ
يَفْعُلُ
Sama halnya dengan fi’il madhy, yang berubah pada fi’il mudhari’ hanya ‘ain fi’ilnya. Sedangkan huruf ya-nya tetap fathah dan lam fi’ilnya tetap berharakat dhammah.

Wazan Tsulatsy Mujarrad
Adapun wazan tsulatsy mujarrad yang terdiri dari 6 bab itu adalah kombinasi dari 3 fi’il madhy dan mudhari’. Trik yang kita gunakan untuk mudah mengingat wazan di tiap babnya itu adalah dengan menggunakan kalimat “bAtU kAlI mAnA bIsA tUrUn sendIrI”. Setiap kata yang ada mewakili rumus di tiap babnya. Tetapi yang perlu kita perhatikan hanya huruf vokalnya saja. Misalnya saja kata “bAtU” yang mewakili rumus wazan di bab 1. Huruf “A” menunjukkan harakat ‘ain fi’il madhy di bab itu sedangkan huruf “U” menunjukkan ‘ain fi’il mudhari’ di bab 1. Sehingga bila bAtU merupakan rumus bab 1 maka wazannya adalah “fa’ala yaf’ilu”. Begitu juga seterusnya. Untuk lebih jelasnya dapat melihat Tabel Wazan Tsulatsy Mujarrad di bawah ini.
Tabel Wazan Tsulatsy Mujarrad
Rumus
Fi’il Madhy
Fi’il Mudhari’
Latin
Bab 1
bAtU
فَعَلَ
يَفْعُلُ
Fa’ala-yaf’ulu
Bab 2
kAlI
فَعَلَ
يَفْعِلُ
Fa’ala-yaf’ilu
Bab 3
mAnA
فَعَلَ
يَفْعَلُ
Fa’ala-yaf’alu
Bab 4
bIsA
فَعِلَ
يَفْعَلُ
Fa’ila-yaf’alu
Bab 5
tUrUn
فَعُلَ
يَفْعُلُ
Fa’ula-yaf’ulu
Bab 6
sendIrI
فَعِلَ
يَفْعِلُ
Fa’ila-yaf’ilu
Sumber : Diktat Ilmu Sharaf untuk Pemula

Demikian pelajaran kita kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan minta maaf bila ada salah.

0 komentar:

Posting Komentar